Faktor Penyebab Rambut Rontok Yang Wajib Diketahui

by Achmad. A

@

| Post in Kesehatan

Rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang sering terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Pada umumnya mempunyai rambut rontok adalah hal yang wajar terjadi, namun jika anda mengalami kerontokan rambut yang banyak dan terjadi terus menerus, hal tersebut perlu untuk diketahui lebih lanjut penyebabnya. Karena kerontokan rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kebotakan. Penyebab rambut rontok dapat disebabkan dari 2 faktor, yaitu faktor eksternal dan internal.

Rambut-rontok

Oleh sebab itu, bagi anda yang sedang mempunyai permasalahan dengan rambut rontok dan ingin mengetahui lebih jelas apa saja yang dapat menyebabkan rambut rontok. Silahkan menyimak pembahasan mengenai penyebab rambut rontok dari berbagai faktor berikut ini yang wajib anda ketahui sejak dini :

Penyebab Rambut Rontok

1. Faktor Eksternal

  • Gaya Rambut

Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu pastikan terlebih dahuku kesehatan rambut anda sebelum anda mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.

  • Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya. Selain itu penataan rambut dan mengikat rambat secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan rusak.

  • Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.

2. Faktor Internal

  • Keturunan

Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok adalah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.

  • Hormon

Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan horon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang cukup parah.

  • Stres

Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.

  • Penyakit

Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.

Demikian artikel kali ini mengenai penyebab rambut rontok yang wajib diketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menghindari anda dari penyebab kerontokan pada rambut. Terima kasih dan sampai bertemu lagi.

Sebarkan melalui :

Previous post:

Next post: