Cara Membuat Martabak Telur Mudah dan Enak

by Febby.M

@

| Post in Kuliner

Martabak merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari campuran telur dan daging, yang dijual pada saat malam hari di pinggir jalan. Biasanya martabak disajikan sewaktu hangat bersama dengan acar dan lombok agar rasanya menjadi lebih enak dan nikmat. Di Indonesia sendiri martabak terbagi menjadi 2 macam, yaitu martabak manis (terang bulan) dan martabak asin (martabak telur). Sebenarnya cara membuat martabak sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan dan waktu, sehingga anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah sebagai hidangan spesial untuk keluarga tercinta.

Martabak-telur

Untuk itu bagi yang ingin mengetahui resep dan cara membuat martabak telur spesial yang mudah dan praktis, silahkan ikuti terus artikel berikut ini yang akan memberikan informasi mengenai cara membuat martabak, mulai dari bahan kulit martabak, isi, hingga cara membuatnya lengkap secara tahap demi tahap.

Cara Membuat Martabak

Bahan Kulit Martabak :

– 100 gram tepung terigu

– Air matang secukupnya

– 2 sendok makan telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)

– 1 sendok makan minyak / margarin cair

– Garam Secukupnya

Bahan Isi Martabak :

– 300 gram daging giling

– 6 butir telur

– 6 sendok makan bawang bonbay, iris

– 4 bawang putih, haluskan

– 4 batang daun bawang, iris

– 1 batang daun bawang, iris (dicampurkan pasa saat menumis daging giling)

– 1 sendok teh curry powde

r- Merica secukupnya

– Garam secukupnya

Saos Martabak :

– 2 sendok makan air matang

– 2 sendok makan kecap asin

– 1 sendok makan saus tomat

– 1 sendok makan sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)

– 1 sendok teh air asam jawa

– Garam dan gula pasir secukupnya (sesuai selera)

Cara Membuat Kulit Martabak :

  • Campurkan tepung terigu, minyak, telur dan garam, kemudian tambahan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  • Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.
  • Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua ke dalam minyak goreng, dan untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak dan tempatkan dalam wadah dan tutup dengan kain atau serbet.

Cara Membuat Isi Martabak :

  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, kemudian masukkan daging giling, curry powder, merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
  • Kemudian aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat dan sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
  • Setelah itu kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sendok makan untuk campuran adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan dan bagi menjadi 2 bagian.

Cara Membuat Martabak :

  • Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga adonan menjadi agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan, kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis.
  • Kemudian isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling, orak-arik telur, irisan daun bawang, garam dan merica, lalu aduk-aduk hingga rata.
  • Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan dengan cara yang sama dengan adonan kulit yang pertama, begitu juga untuk isinya.
  • Setelah itu panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan isi tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng hingga matang.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Cara Membuat Saus Martabak :

  • Campur semua bahan saos menjadi satu

Demikian cara dan resep martabak telur spesial kali ini. Selamat mencoba di rumah dan sajikan martabak telur yang enak dan nikmat sebagai hidangan untuk keluarga. Terima kasih.

Sebarkan melalui :

Previous post:

Next post: